Jumat, 21 Oktober 2011

Cara Membuat Kompor Dari Kaleng Bekas

A. BAHAN BAKU

Spoiler for Bahan Baku:

1. Sediakan 2 kaleng minuman bekas merek apa saja & 1 buah mur ukuran 10 atau 12.
2. Siapkan beberapa alat pembantu (ga ada potonya) seperti: palu kecil, cutter, paku kecil, paku besar & spidol.
3. Rokok tidak diperlukan


B. POTONG KALENG BEKAS (LANGKAH 1)

1. Potong 2 kaleng tersebut kira-kira 2,5cm atau 3cm dari bawah. (Punya gw 3cm)
2. Supaya gampang, jepit cutter pada buku tebal. Ini bakal bikin potongannya lebih rata dibanding kalo motong manual pake gunting seng.
3. Tempelin kaleng di sisi tajam cutter & putar pelan-pelan sambil kasih sedikit tekanan.
Spoiler for Potong:



C. HASIL POTONGAN

1. Hasilnya bakal seperti ini.
2. Sekarang potong kaleng berikutnya dengan cara & ukuran yg sama.
3. Ignore gabus/styrofoam itu. Ga sengaja nyemplung tuh & ga ada gunanya juga.
Spoiler for Hasil:



D. BUAT LUBANG MASUK BAHAN BAKAR (LANGKAH 2)

1. Ambil kaleng pertama & buat 5 buah lubang di bagian tengah kaleng.
2. Lubang yang di tengah sebaiknya agak besar. Gunakan paku kecil untuk membuat marking kemudian ditimpa dengan paku besar untuk membuatnya. Lubang ini akan digunakan sebagai 'Lubang Intake' buat menuang bahan bakar.
3. Gunakan paku kecil untuk membuat 4 lubang lainnya disisi lubang besar. Empat lubang lainnya disisi lubang besar digunakan sebagai 'Lubang Nafas' saat menuang bahan bakar ke dalam kompor mini kita.
4. Coba ukur & sesuaikan ukuran lubang besar dgn mur (ukuran 10 atau 12) agan. Kalo kurang besar, coba diperbesar lagi. Mur ini nantinya akan digunakan sebagai tutup lubang besar.
Spoiler for Intake:



E. BUAT LUBANG API (LANGKAH 3)
Spoiler for Jet:

1. Buat 16 atau 32 buah lubang di sekeliling kaleng. Lubang ini akan berfungsi sebagai tempat keluarnya gas/api.
2. Ngga ada aturan baku dalam jumlah lubang karena belum ada data riset buat kompor tipe ini
3. Makin banyak lubang, makin gampang nyalain kompor agan. Tapi kebanyakan lubang, nyala api bisa jadi merah & engga biru lagi. Api biru lebih panas dari api merah. Artinya kompor agan lebih efisien/hemat energi/ramah lingkungan kalo ngeluarin api biru. Karena dengan volume gas yang sama mampu menghasilkan panas lebih tinggi.
4. Kompor yg gw bikin ini versi 16 lubang dengan kombinasi 8 lubang kecil & 8 lubang super kecil
5. Dengan coba-coba & pengalaman, agan bakal nemuin sendiri jumlah lubang & kombinasi yg cocok buat kompor agan.


F. SATUKAN KEDUA BAGIAN (LANGKAH 4)

1. Satukan kedua bagian 'pantat kaleng' yg tadi sudah dipotong.
2. Posisikan bagian yg berlubang di bagian atas.
3. Pantat kaleng yg berlubang itu 'ditutupkan' ke pantat kaleng yg satunya. Jadi dinding kaleng yg berlubang itu menjadi dinding kompor terluar.
4. Pelan-pelan masukinnya . Kalo terlalu kenceng, kaleng bisa robek. Percobaan pertama gw gagal karena kaleng langsung robek akibat gak sabaran & kasar .
Spoiler for Penyatuan:








G. DONE! FUEL YOUR STOVE
Spoiler for Isi:

1. OK!! Kompor mini dah selese! Saatnya uji coba.
2. Tuangkan bahan bakar ke bagian atas kompor. Hati-hati tumpah.
3. Bahan bakar bisa menggunakan Spiritus, Butana atau Metana.
4. Bahan bakar yg gw pake adalah Spiritus krn lebih murah & gampang nyarinya.
5. NO PERTAMAX PLEASE! Bukannya apa-apa... Bisa meledak gan!
6. Isi sampai kira-kira 3/4 bagian kompor mini.
7. Tutup Lubang Besar dengan mur ukuran 10 atau 12 yang sudah disediakan.


H. RATAKAN PEMBAKARAN
Spoiler for Manual abiss:

1. Sulut kompor mini anda!!
2. Kalau menggunakan spiritus, terbakarnya agak lama. jadi lebih baik sulut dengan menggunakan koran yang dibakar ketimbang pake korek api atau korek gas.
3. Ga dilarang pake korek api/gas, asal udah belajar debus atau tahan panas atau kulitnya kaya badak.
4. Kalau menggunakan spiritus pembakaran awal masih belum sempurna. paling yg nyala cuma 1 atau 2 lubang aja.
5. Coba apinya diratakan pake kertas koran. Setelah spiritus dalam kompor cukup panas, pembakaran/semburan api akan stabil dengan sendirinya.
6. Kopi atau mie instan pelengkap camping siap dimasak.


I. HASIL

Hasil uji coba
1. Satu gelas air (200 mL) mendidih dalam tempo 10 menit lebih dikit.
2. Kompor mini gw (ukuran 3cm) mampu bertahan 30 menit nyala terus menerus sebelum akhirnya mati sendiri karena kehabisan bahan bakar.

Spoiler for Hasil:

2 komentar:

  1. wah keren gan...
    tp qr2 bs diandalkan ga ya buat naek gunung? soalnya pke parafin lama bgt. mungkin agan2 punya pengalaman.

    BalasHapus